Senin, 16 Juli 2012

Obrolan singkat.

Malam itu, pertama kalinya gue berani pulang-pergi ke Jakarta sendirian buat nemuin temen. Seru sih, ya itung-itung belajar kalo nanti kuliah turun naik bis. Pas udah selese ketemu temen di salah satu mall di Jakarta, gue pun pulang dengan sambung-menyambung angkutan umum di Jakarta. Gue pulang dengan metro mini untuk menyambung bis yang ke arah rumah gue. Awalnya gue takut naik metromini, soalnya kata mamah disitu banyak copetnya. Alhasil gue kaya orang yang pertama kali naik metromini. Mana supir dan keneknya masih pada muda, trus ngeliatin gue sambil mesem-mesem pula. Ah bodolah yang penting gue sampai sampe tujuan. Karna saat itu macet, dan gue celingak-celinguk karna inget kata-kata nyokap (di metromini banyak copet) dan kebetulan juga si kenek duduk pas didepan kursi yang gue duduki. Karna gue pengen jadi jurnalis yang harus tau segala wawasan, begitu juga tentang kehidupan di Indonesia *tsah* gue pun memberanikan diri untuk menanyakan kehidupan si kenek. Walaupun awalnya sempet ragu untuk bertanya.
*toel punggung si kenek* *si kenek pun nengok*
"Mas, umurnya berapa?" Basi banget gue membuka pembicaraan dengan menanyakan umur-_-
si kenek pun menjawab "Kenapa emang mba?"
"Gapapa sih mas, nanya aja. Mas nya kenapa jadi kenek? Emang ga kuliah?"
"Yah Mba, jangan ngomong kuliah deh. Mana ada biaya saya, Mba." Jawab si kenek sambil ngitungin duit setoran.
"Oooh gitu.."
"Saya sih udah lama lulus sekolahnya, tapi gak lanjut kuliah. Emang mbak nya kuliah juga?"
"Belom sih mas, baru aja lulus SMA tapi lagi pilih-pilih tempat kuliah"
"Oh kira saya mbak udah kuliah"
*muka gue tuwir kali ya-_-* *hening* *terus lanjut nanya*
"Mas ini bis nya punya mas sendiri apa punya orang?"
"Punya orang mbak, saya nyewa trus kasih setoran"
"Hooo gitu ya.. emang sehari harus nyetor berapa mas?"
"600ribu mbak sehari"
*nelen ludah* *ajigile, banyak juga ternyata*
"600ribu mas? Trus tarif per orang tiap naik cuma 2.000 emang bisa sampe 600ribu?"
"Alhamdulilah sih bisa mbak.."
"Trus kalo mas nya cuma dapet 800ribu, berarti mas cuma dapet 200ribu dong sama dibagi sama buat supirnya?"
"Ya gitu deh mbak, tapi untungnya selalu lebih dari segitu. Kadang bisa sampe satu juta lebih"
"Trus uang nya buat keluarga atau buat mas sendiri?"
"Kalo udah berkeluarga mah buat saya sendiri mbak"
*kasian juga masih muda tapi udah berkeluarga*
"Oh mas nya udah berkeluarga ya?" *kepo juga ya gue*
"Iya mba udah hehe"
"Oh gitu.." *sambil manggut manggut*

Seketika hening. Bingung mau nanya apalagi. Tapi hati rasanya mau nangis. Jakarta ternyata emang keras banget. Dari situ gue harus belajar bersyukur bahwa ternyata hidup gue lebih beruntung dari dia. Kalo gue selalu ngeliat keatas, gue gak akan pernah bisa merasa bersyukur. Tapi kalo gue ngeliat kebawah, gak tau harus dengan cara apa bersyukur sama Allah karna masih banyak yang lebih membutuhkan. Ternyata hidup itu keras. Dan mungkin cuma dari obrolan singkat itu, gue harus lebih bersyukur lagi kedepannya dengan apa yang gue punya walaupun diatas gue masih ada yang lebih, lebih, lebih dari gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar